Cara Mengatur Keuangan Yang Baik

Keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus anda kelola, mungkin terlihat sepele namun masih banyak orang yang belum mampu untuk mengelola dengan baik keuangan mereka masing-maing.

Pada umumnya mereka akan menggunakan uang mereka secara Cuma-Cuma pada awal bulan, misalnya dengan berbelanja yang tidak dibutuhkan dan masih banyak lagi.

Hal tersebut akhirnya berdampak pada kehidupan dimana, saat menjelang pertengahan hingga akhir bulan mereka akan hemat, dan bahkan tak jarang ada yang sudah kehabisan dan merasa gaji yang mereka terima tidaklah cukup.

Tentunya hal tersebut sangatlah tidak nyaman, karena kamu harus menunggu hingga awal bulan agar bisa memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan yang penting.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi  berulang-ulang, berikut ini akan kami berikan tips untuk kamu agar nantinya mampu mengelola keuangan dengan baik. Disimak baik-baik ya!

1.Buat Anggaran          

Buat Anggaran

Walaupun terlihat cukup mudah, namun realitanya masih bannynak orang yang tidak begitu memperhatikan untuk membuat anggaran.

Padahal dengan adanya anggaran maka semua pengeluaran akan terlihat lebih rinci, karena setiap pengeluaran memiliki porsinya masing-masing.

Tak perlu membuat anggaran yang rumit, misalnya kamu memiliki gaji 10 juta, dan ingin menabung sebanyak 3 juta, maka 7 juta sisa tersebut bisa kamu gunakan untuk biaya kehidupan pribadi kamu.

Kami juga menyarankan agar anggaran yang kamu buat harus jelas disertai dengan breakdown yang rinci, agar bisa lebih jelas.

Misalnya seperti keperluan makan selama bulan itu sebesar 1.5 juta, biaya kuota 100 ribu dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan pribadi masing-masing.

2.Kurangi makan diluar

Kurangi makan diluar

Pada saat ini, salah satu factor yang membuat uang kita cepat habis tak hanya soal belanja baju dan keperluan yang tidak terlalu dibutuhkan lho.

Makan juga menjadi salah satu factor yang membuat keuangan kita terasa boros, dijaman ini banyak sekali restoran yang menghadirkan menu-menu lezat yang rasanya sangat sulit untuk dilewatkan.

Apapun yang ingin kamu cari, saat ini sangat mudah ditemukan apalagi dengan adanya aplikasi pihak ketiga seperti ojekonline.

Namun, tahukah kamu bahwa dengan terlalu sering membeli makanan dari luar akan menghabiskan banyak uang.

Kami tidak melarang kamu untuk tidak makan, namun pilihlah menu makanan yang secukupnya, dan yang harganya sesuai dengan pendapatan anda agar tidak merepotkan kamu sendiri nantinya.

3.Promo

Promo

Hal ketiga yang satu ini tentunya merupakan favorit setiap orang, hampir semua manusia di bumi ini menyukai yang namanya promo.

Kamu bisa memanfaatkan promo yang berlaku untuk menghemat pengeluaran kamu. Apalagi disaat seperti ini banyak pihak restoran dan juga aplikasi yang berlomba-lomba menghadirkan layanan promo agar bisa memikat calon consumen.

Namun meskipun banyak promo yang merajarela kamu tetap harus selektif melihat barang tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan anda, jangan hanya karena promo kamu lalu membeli semua barang tersebut.

4.Penghasilan tambahan

Penghasilan tambahan

Yang terakhir adalah dengan mencari penghasilan tambahan, pada masa seperti ini sudah banyak sekali pihak yang membutuhkan pekerja freelancer.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah pemasukan kamu, dilain sisi tentunya kamu juga bisa mendapatkan koneksi dan juga pengalaman baru.

Penghasilan tambahan juga tak harus menjadi freelancer, kamu bisa mulai mencoba berjualan online di marketplace, dan jangan lupa sisihkan untuk berinvestasi dimasa depan.

Demikian adalah beberapa tips agar kamu mampu mengelola keuangan dengan baik.

Semoga bermanfaat.