Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Terasa Cepat Habis!

Bagi kamu yang sudah bekerja, tentu akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Lebaran. Uang THR ini harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat habis untuk membeli barang-barang kurang penting dan memenuhi keinginan konsumtif.

Pasalnya, jika tidak dikelola dengan baik uang THR bisa habis begitu saja, lho. THR yang kamu dapatkan harusnya bisa dimanfaatkan untuk beberapa tujuan keuangan mulai dari bayar utang hingga menabung. Ini dia tips mengelola uang THR agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

1.Gunakan Sebagian Uang THR Untuk Menabung, Zakat Fitrah, Infak, Dan Sedekah

Gunakan Sebagian Uang THR Untuk Menabung, Zakat Fitrah, Infak, Dan Sedekah

Jika selama ini kamu rutin menabung dari hasil menyisihkan uang gaji, THR bisa jadi tambahan untuk mengisi tabunganmu.

Dengan begitu tabungan yang kamu miliki akan bertambah jumlahnya dengan lebih cepat dan bisa digunakan untuk keperluan penting dan mendadak. Kamu bisa menyisihkan 10%-50% dari total uang yang kamu dapatkan untuk ditabung, tergantung kebutuhan dan keinginanmu.

Kamu juga bisa mencoba melipatgandakan uang THR-mu dengan cara bermain judi online yang bisa memberikan jackpot hingga ratusan juta rupiah sehingga uang THR-mu akan berlipat ganda.

Ingat, jangan gunakan semua uang yang kamu dapatkan untuk berbelanja sesuatu yang sifatnya hanya keinginan bukan kebutuhan dan prioritaskan untuk hal-hal yang lebih penting.

Uang THR sebaiknya juga kamu gunakan untuk kebutuhan hari raya seperti membayar zakat fitrah dan juga sedekah dan infak.

Untuk zakat fitrah memang wajib kamu lakukan pada waktu-waktu tertentu selama bulan Ramadhan dan sebelum bulan Ramadhan berakhir.

Sedangkan infak dan sedekah bisa kamu lakukan kapan saja tetapi alangkah lebih baik jika kamu lakukan menjelang momen kemenangan, bukan?

2.Belanja Baju Baru dan Perlengkapan Ibadah Seperlunya dan Alihkan Dana Mudik untuk Melunasi Cicilan

Belanja Baju Baru dan Perlengkapan Ibadah Seperlunya dan Alihkan Dana Mudik untuk Melunasi Cicilan

Membeli baju baru dan berbagai macam perlengkapan ibadah sudah umum dilakukan menjelang Lebaran tiba.

Meski demikian, hal itu bukanlah suatu kewajiban. Jika baju dan alat ibadahmu masih bagus dan layak dipakai, kamu bisa menghemat pengeluaran tersebut.

Namun, jika kamu memang membutuhkannya, tidak perlu berlebihan saat membelinya. Kamu bisa mengalokasikan 10%-20% uang THR untuk membeli, jangan lebih dari itu agar uang tersebut tidak cepat habis.

Momen mudik saat Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu terutama bagi kamu yang merantau ke kota lain.

Namun, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang melarang masyarakat untuk mudik dengan tujuan mengurangi penyebaran virus covid-19. Lantas, dana yang kamu sudah siapkan untuk mudik kamu bisa gunakan untuk apa?

Dana yang kamu telah siapkan untuk mudik bisa kamu alihkan untuk mudik dan membayar cicilan saja. Jangan sampai dana yang sudah kamu siapkan malah terpakai untuk tambahan budget berbelanja.

3.Gunakan untuk Membayar Utang dan Dana Darurat Jangan Lupa Sisihkan untuk investasi

Gunakan untuk Membayar Utang dan Dana Darurat Jangan Lupa Sisihkan untuk investasi

Karena besaran THR cukup tinggi, kamu bisa menggunakannya untuk membayar utang seperti tagihan kartu kredit, pinjaman online, maupun pinjaman lainnya yang memiliki biaya bunga tinggi.

Sehingga usai Lebaran kamu akan terbebas dari tanggungan uutang-utang tersebut. THR juga bisa kamu gunakan untuk keperluan menambah dana darurat.

Sehingga tabungan dana darurat akan bertambah tanpa perlu mengurangi gaji bulanan yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dikarenakan THR bukan merupakan pendapatan rutin, sebaiknya kamu tidak menggunakan uang THR untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ada baiknya uang tersebut kamu gunakan untuk keperluan jangka panjang, misalnya berinvestasi. Sisihkan beberapa persen untuk dikumpulkan sebagai modal investasi.

Jika sudah mencukupi, kamu bisa memilih instrumen investasi yang tepat dan menguntungkan sehingga uang yang kamu dapatkan akan mendatangkan manfaat yang maksimal. Berkonsultasilah kepada orang yang lebih mengerti agar kamu tidak salah pilih dalam berinvestasi ya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan untuk mengalokasikan uang THR yang kalian dapatkan dari perusahaan tempat kalian bekerja agar tidak cepat habis.

Memang, terkadang saat menerima THR rasanya baru memegang sebentar THR tersebut sudah hilang saja ya?

Namun, dengan adanya tips diatas ini, semoga saja uang kalian tidak pergi begitu saja dan menetap selama beberapa waktu ya.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin tahu cara mengalokasikan uang THR.

Artikel yang Direkomendasikan